Langsung ke konten utama

ANTAR MUKA ANAKOST

Antarmuka pemakai (User Interface) merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem. Antarmuka pemakai (User Interface) dapat menerima informasi dari pengguna(user) dan memberikan informasi kepada pengguna (user) untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi.
User interface, berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam memakai/ menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan/ membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan. 
Antarmuka
Pengertian antarmuka ( interface) adalah salah satu layanan yang disediakan sistem operasi sebagai sarana interaksi antara pengguna dengan sistem operasi. Antarmuka adalah komponen sistem operasi yang bersentuhan langsung dengan pengguna. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) danGraphical User Interface(GUI).

Command Line Interface(CLI)

CLI adalah tipe antarmuka dimana pengguna berinteraksi dengan sistem operasi melalui text-terminal. Pengguna menjalankan perintah dan program di sistem operasi tersebut dengan cara mengetikkan baris-baris tertentu.
Meskipun konsepnya sama, tiap-tiap sistem operasi memiliki nama atau istilah yang berbeda untuk CLI-nya. UNIX memberi nama CLI-nya sebagai bash, ash, ksh, dan lain sebagainya. Microsoft Disk Operating System (MS-DOS) memberi nama command.com atau Command Prompt. Sedangkan pada Windows Vista, Microsoft menamakannya PowerShell. Pengguna Linux mengenal CLI pada Linux sebagai terminal, sedangkan pada Apple namanya adalah commandshell.

Graphical User Interface(GUI)

GUI adalah tipe antarmuka yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui gambar-gambar grafik, ikon, menu, dan menggunakan perangkat penunjuk ( pointing device) seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI bisa diringkas dalam konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).
ANTAR MUKA SISTEM ANAKOST
  • PEMILIK KOST














  • PELANGGAN










Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVISI DFD

TUGAS ANALISIS PERANCANGAN SISTEM DOSEN : Dr. Drs. ERI ZULIARSO, M.KOM Disusun Oleh : 1.       MAISAROH SANTI AZMII / 15.05.52.0293 2.       TRI LESTARI / 15.05.52.0296 3.       ANI SAGITA SOFI / 15.05.52.303 KELOMPOK D1 / FEB / AKUNTANSI UNISBANK   ANAKOST.C OM DATA FLOW DIAGRAM Perancangan sistem Anakost ini dapat digambarkan dalam sebuah diagram alir data atau yang biasa disebut dengan DFD. Selain itu juga dapat digambarkan dalam diagram konteks yang menggambarkan hubungan anatara entity luar, masukan, dan keluaran dari sistem. Sedangkan DFD menggambarkannya sebagai suatau model logika yang menunjukkan hubungan antara data pada sistem dan proses pada sistem sehingga dapat diketahui darimana asal data dan kemana tujuan data yang keluar dari sistem, dimana data disimpan, proses apa yang menghasilkan data tersebut dan interaksi antara data yang tersimpan dan ...

ERD ANAKOST

TUGAS ANALISIS PERANCANGAN SISTEM DOSEN : Dr. Drs. ERI ZULIARSO, M.KOM Disusun Oleh : 1.       MAISAROH SANTI AZMII / 15.05.52.0293 2.       TRI LESTARI / 15.05.52.0296 3.       ANI SAGITA SOFI / 15.05.52.303 KELOMPOK D1 / FEB / AKUNTANSI UNISBANK   ANAKOST.C OM               Entity Relationship Diagram (ERD) merupakan teknik yang digunakan untuk memodelkan kebutuhan data dari suatu organisasi, biasanya oleh System Analys dalam tahap analisis persyaratan proyek pengembangan system. Sementara seolah-olah teknik diagram atau alat peraga memberikan dasar untuk desain database relasional yang mendasari sistem informasi yang dikembangkan. ERD bersama-sama dengan detail pendukung merupakan model data yang pada gilirannya digunakan sebagai spesifikasi untuk database.             Atau penge...

DATA FLOW DIAGRAM (ANAKOST)